Aturan-aturan Grammar

By aireni - Maret 29, 2018

grammar, tata bahasa inggris
Grammar/tata bahasa (Foto: Pixabay)
Sebelum blog ini membahas hal-hal terkait grammar atau tata bahasa dalam bahasa Inggris, ada baiknya kita bereknalan dulu dengannya. Siapa yang mebuat grammar? Dan dari mana grammar  itu berasal?

Orang-orang belajar grammar dengan cara berbeda-beda. Bagi Anda yang pernah belajar bahasa inggris di sekolah atau yang sekarang masih duduk di bangku sekolah, bagaimana Anda diajari grammar? Apakah Anda diajari begini cara yang “benar” dan begitu yang “tidak benar”? Kalau iya, inilah yang disebut sebagai prescriptive grammar.

Dalam pengunaan grammar terdapat 2 pandangan, yakni prescriptive grammar dan descriptive grammar.

Prescriptive Grammar
Di sini grammar dianggap sebagai sebagai sekumpulan aturan untuk diikuti. Aturan-aturan tersebut diwariskan dari satu generasi ke generasi lainnya. Dan mereka mengatakan pada orang-orang bagaimana mereka harus berbicara dan menulis.

Di Amerika, grammar style  yang digunakan di situasi akademik, pemerintahan, dan profesional disebut Standard American English. Tidak ada agensi pemerintahan resmi di US yang membuat aturan untuk bahasa Inggris.  Bahkan US tidak memilik bahasa resmi.

Descriptive Grammar
Descriptive grammar mengambil pendekatan yang berbeda. Para ahli descriptive grammar mengamati dan menganalisa bagaimana bahasa digunakan. Mereka tidak mengatakan pada orang-orang bagaimana mereka harus berbicara dan menulis, cukup mereka mempelajari bagaimana orang-orang melakukannya (bicara dan menulis). Dalam descriptive grammar  tidak ada cara “benar” dan “tidak benar” dalam  penggunaannya.

Faktanya, beberapa ahli bahasa mengatakan bahwa atura-aturan grammar digunakan untuk menunjukkan perbedaan antara orang-orang. Dengan kata lain, aturan-aturan grammar adalah sebuah hasil gaya sosial, adat, dan politik dari sebuah waktu.

Itulah 2 cara atau pandangan mengenai aturan-aturan grammar. Sekarang pilihan ada di tangan Anda. Jika Anda mengabaikan aturan grammar, sebenarnya itu bukan masalah besar. Tapi, cobalah pertimbangkan ini, “Jika Anda mengabaikan standar aturan grammar itu mungkin menjadi sulit untuk mendapatkan pekerjaan impian yang Anda inginkan atau diterima di sekolah pilihan Anda” yang menjadikan bahasa Inggis sebagai salah satu syarat untuk masuk.

Semoga bermanfaat.

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar