Belajar Bahasa Korea 이에요 dan 예요

By aireni - Maret 22, 2018

belajar bahasa korea
Pada postingan belajar Korea tentang kata [i]/ini, [geu]/itu, [jeo]/yang di sana” saya memberikan contoh penggunaannya sebagai kata ganti. Yang mana dalam contoh tersebut, ada penambahan 이에요 [i-e-yo] dan 예요 [ye-yo]. Nah, yang merasa bingung, dalam tulisan kali ini akan dibahas secara tuntas.


Setelah belajar mengenai 이에요 dan 예요, kita akan bisa mengatakan sesuatu seperti A adalah B (kata benda/noun) atau saya adalah ABCD (kata benda/noun) dalam bahasa Korea formal (polite).

이에요 dan 예요 memiliki peran yang sama dalam bahasa Indonesia “adalah” atau kalau dalam bahasa inggris sebagai kata kerja bentuk “to be”. Untuk lebih gampangnya, saya akan mencontohkan dalam bahasa inggris mengingat dalam penggunaannya terdapat perbedaan mendasar antara “am, is, dan are”.

ABCD + [be] = EFGH
EFGH merupakan kata benda
Contoh:
ABCD is EFGH.
I am ABCD.
You are XYZ.

Untuk penggunaan to be yang berupa이에요 dan 예요dalam bahasa Korea juga memiliki perbedaan mendasar. Sebelum membahas tentang perbedaan dari kedua to be tersebut, coba perhatikan struktur kalimatnya karena dalam bahasa Korea dan inggris berbeda. Anda tidak usah khawatir dengan struktur bahasa Indonesia mengingat struktur standarnya sama seperti bahasa inggris.

Struktur kalimat ingris
ABCD + [be] = EFGH
Struktur kalimat Korea
ABCD + EFGH + [be]

Contoh:
This  is  ABCD  (ingris)
이거  ABCD예요  [i-geo ABCD-ye-yeo] (Korea)

Jika dalam bahasa inggris penggunaan “to be berubah tergantung dari subjeknya, dalam bahasa Korea kita memutuskan untuk menggunakan이에요 atau 예요 tergantung dari huruf terakhir dari kata sebelumnya apakah konsonan atau vokal.

이에요 atau 예요 sebenarnya sangat mirip dan bunyinya juga hampir sama, jadi bukan masalah besar jika kita ingin mencampur aduk kedua hal tersebut. Tapi, alangkah lebih baiknya kita tahu bentuk yang benar.

Ketika kita ingin mengatakan ABCD “is” EFGH dalam bahasa Korea, jika kata EFGH memiliki akhiran kosnonan, maka tambahkan이에요 [i-e-yo], tapi jika huruf akhirnya bukan konsonan melainkan vokal, maka tambahkan예요 [ye-yo]. Hal ini hanya untuk membuat pengucapan lebih mudah dalam menggabungkan kata tersebut dengan 이에요 atau  예요.

Akhiran huruf konsonan +이에요 [i-e-yo]
Akhiran huruf vokal + 예요 [ye-yo]

Contoh dalam kalimat:
이에요 = + 이에요 [mul + i-e-yo] = (It’s) water/(itu adalah) air
가방이에요 = 가방 + 이에요 [ga-bang + i-e-yo] = (It’s) a bag/(itu adalah) tas
사무실이에요 = 사무실 + 이에요 [sa-mu-sil + i-e-yo] = (It’s) an office/(itu adalah) kantor
학교예요 = 학교 + 예요 [hak-gyo + ye-yo] = (It’s) a school/(itu adalah) sekolah
예요 = + 예요 [jeo + ye-yo] = (It’s) me/ (itu) saya
고영이예요 = 고영이 + 예요 [go-yang-i + ye-yo] = (it’s) cat/(itu adalah) kucing.

Seperti contoh di atas, Anda dapat melihat bahwa dalam bahasa Korea, kita tidak harus menggunakan “a/an” atau “the” seperti dalam bahasa inggris. Jadi, ketika kita melihat sebuah kata benda dalam kamus bahasa Korea, kita bisa menambahkan이에요 atau 예요dan itu sudah berarti “It is ABCD.” “That is EFGH.” “I am XYZ.”

Sumber:

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar