Belajar Bahasa Korea Ucapan Selamat Tinggal dan Selamat Jalan

By aireni - Maret 14, 2018

belajar bahasa korea, talk to me in korean lesson 1
Dalam bahasa Korea, ada perberdaan cara kata yang diucapkan ketika hendak berpisah. Pertama, kata yang diucapkan oleh orang yang pergi meninggalkan tempat. Kedua, kata yang diucapkan oleh orang yang tetap tinggal di tempat.

Kedua kata yang dimaksud adalah 안녕히 계세요 [an-nyeong-hi gye-se-yo] dan 안녕히 가세요 [an-nyeong-hi ga-se-yo].

Berawal dari kebingungan sendiri saat awal belajar bahasa Korea, kapan harus menggunakan kedua kata di atas yang sering kebolak-balik, maka postingan ini dibuat khusus sebagai pengingat. Saya sempat bingung karena arti kata /ga [asal 가다/gata] yang setahu saya adalah pergi. Jadi, dengan hanya melihat arti kata tersebut, maka yang mengucapkan 안녕히 가세요 [an-nyeong-hi ga-se-yo] adalah orang yang hendak pergi. Eih, ternyata I was wrong.

Baiklah, sekarang mari kita kupas mengenai kapan menggunakan 안녕히 계세요 [an-nyeong-hi gye-se-yo] dan 안녕히 가세요 [an-nyeong-hi ga-se-yo].

 Sebelunya saya mau tanya dulu neh, ada yang tau arti  안녕하세요 [an-nyeong-ha-se-yo] ? Bagi pecinta drama korea pasti langsung teriak, “Hello!

Tepat sekali. 안녕하세요 [an-nyeong-ha-se-yo] berarti hello. Dan kalau diambil kata 안녕/an-nyeong saja bisa diartikan peace.

안녕 [an-nyeong] = peace, well-being, health.

Sekarang mari kita lanjutkan pada perbedaan kata 안녕히 계세요 dan 안녕히 가세요 dengan mencari tahu artinya terlebih dahulu.

안녕히 계세요 [an-nyeong-hi gye-se-yo]  = stay in peace/selamat tinggal
안녕히 가세요 [an-nyeong-hi ga-se-yo]  = go in peace/ selamat jalan

Sudah bisa menebak perbendaan dari penggunaan kata tersebut? 안녕히 계세요 [an-nyeong-hi gye-se-yo] berarti diucapkan oleh orang yang hendak pergi atau orang yang berpamitan. Sedangkan 안녕히 가세요 [an-nyeong-hi ga-se-yo]” diucapkan oleh orang yang tetap tinggal atau tuan rumah.

Memang sih, kedua kata itu kedengarannya hampir sama. Tapi, yakinlah setelah mendengarkan pelan-pelan dan sesering mungkin, telinga kita akan bisa membedakan kedua kata tersebut. Saya bisa mengingat kapan penggunaan kata itu setelah mendengarkan audio pembelajaran bahasa Korea dari Talk To Me In Korean. Dalam audio tersebut, pembicara akan berpamitan dengan mengucapkan 안녕히 가세요 [an-nyeong-hi gyeseyo].

Baiklah, sekian dulu postingan tentang belajar bahasa Korea mengenai perbedaan ucapan selamat tinggal/안녕히 계세요 [an-nyeong-hi gye-se-yo] dan selamat jalan/안녕히 가세요 [an-nyeong-hi ga-se-yo].
Selamat belajar!

Referensi: http://talktomeinkorean.com/lessons/l1l3/

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar